0 Dilihat 0 kali

Smart contract atau dalam bahasa indonesia diartikan kontrak cerdas. Apa sih kontrak cerdas itu. Kita ketahui dulu artinya perkata. Cerdas adalah kemampuan untuk belajar, keseluruhan pengetahuan yang diperoleh, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru atau lingkungan pada umumnya (Anita E. Woolfolk). Sedangkan kontrak adalah kesepakatan antara dua orang atau lebih mengenai hal tertentu yang disetujui oleh mereka. Digagas oleh permrogram asal Amerika, yaitu Nick Szabo pada tahun 1994, kontrak cerdas merupakan solusi untuk memberikan keamanan yang lebih unggul dari hukum kontrak tradisional dan untuk mengurangi biaya transaksi lainnya yang terkait dengan kontrak, dan semua dilakukan digital melalui protokol komputer. Kontrak cerdas memungkinkan kinerja transaksi yang kredibel tanpa pihak ketiga.

Beberapa keunggulan sistem kontrak cerdas dibandingkan sistem kontrak keuangan konvensional antara lain:
  1. Meminimalkan resiko pihak lawan. Jika ada transaksi antara kedua belah pihak, resiko untuk kehilangan kepercayaan sangat kecil karena jika kontrak cerdas belum sukses (dalam transaksi) maka transaksi kedua belah pihak tidak akan berjalan.
  2. Mengurangi waktu penyelesaian. Tidak perlu waktu lama dalam melakukan kontrak antara dua pihak karena semua sudah dalam sistem digital yang berjalan dengan otomatis.
  3. Transparansi transaksi. Kedua belah pihak dapat mengetahui jika yang sedang transaksi denganya telah mengirim sejumlah uang yang harus dibayarkan.

Kelemahan dari sistem ini yaitu, karena transaksinya transparan maka semua orang bisa mengakses transaksi tersebut tanpa adanya enkripsi data, yang artinya jika di dalam kontrak cerdas tadi kita juga menyimpan nama kita maka privasi kita akan hilang. Namun meskipun begitu orang yang melihat transaksi kita tersebut cuma bisa sebatas melihat saja, tidak dapat melakukan apapun kepada akun maupun transaksi yang sedang terjadi tersebut.

Itu merupakan sedikit penjelasan dari jendelacrypto.com mengenai apa itu kontrak cerdas. Semoga menjadi ilmu tambahan bagi semuanya bagi yang belum mengetahuinya. Terima kasih

Post a Comment

 
Top