0 Dilihat 0 kali

Dompet Cryptocurrency

Dompet Cryptocurrency - dompet online cryptocurrency
Dalam tulisan kali ini di jendelacrypto kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan dompet cryptocurrency. Dompet cryptocurrency berfungsi untuk menyimpan kunci publik dan kunci privat dimana fungsi dari kedua kunci tersebut untuk menerima atau membelanjakan mata uang digital kita. Dompet ini bisa berisi pasangan kunci publik dan kunci privat. Cryptocurrency sendiri tidak berada di dalam dompet. Cryptocurrency menurut asalnya merupakan bagian dari ledger dari blockchain dimana dikelola didalamnya. Setiap bagian kecil dari cryptocurrency memiliki kunci privat, dimana masing-masing mempunyai hak untuk melakukan transaksi digital sendiri dan semua transaksi akan tertulis di dalam ledger blockchain. lebih jauh mengenai Cryptocurrency

Akses dompet
Ketika memilih suatu dompet, pemilik harus benar-benar tahu siapa saja yang mempunyai salinan dari kunci privat yang berpotensi untuk mengakses cryptocurrency itu. Sama halnya dengan bank, pengguna membutuhkan kepercayaan kepada penyedia layanan untuk menjaga aset cryptocurrencynya tetap aman. Dalam kasus penyimpanan di mt. Gox exchange, sebagian besar pengguna jasa kehilangan aset bitcoinnya disana sehingga menyebabkan rasa kepercayaan hancur. Mengunduh dompet cryptocurrency dari penyedia dompet (seperti coinbase) ke dalam komputer maupun telepon kita, tidak secara otomatis sang pemilik memiliki satu-satunya salinan kunci privat.

Dompet yang ada di web juga bisa terkoneksi dengan yang kita instal di telepon kita. Dompet bisa diketahui tingkat kerentanannya, bisa dilihat melalui rantai suply. Bahkan dalam kasus ekstrim komputer yang tidak terhubung ke jaringan apapun bisa diretas. Untuk menerima cryptocurrency dari orang lain tidak dibutuhkan konfirmasi dari sang pemilik dompet. Pihak lain hanya perlu mengetahui alamat dompet publik untuk mengirimkan koin cryptocurrencynya. Hal ini yang membuat semua orang dapat melihat dompet mana yang aktif dan dompet mana saja yang ada isinya.

Pencadangan
Pencadangan dompet bisa dilakukan dengan beberapa bentuk seperti:
1.     File terenkripsi seperti wallet.dat atau wallet.bin dimana didalamnya berisi semua kunci privat
2.   Kalimat mnemonic dari hasil generate akar kunci privat. Dari kalimat mnemonic ini pula kunci privat dapat didaptkan kembali. Cara ini lebih disukai karena dapat diingat kata-katanya ataupun dapat ditulis dan disimpan di lokasi fisik lainnya.
3.     Kunci pribadi seperti: kxsrznttmtvhe17sx5fhpqwpkaegmt9t3r6eferj3sx5frm6obqa

Ketika kunci privat dan pencadangan hilang maka cryptocurrency itu pun juga hilang selamanya. Saat menggunakan dompet web, kunci privat dikelola oleh penyedia. Ketika memiliki cryptocurrency, mereka yang dipercaya mengelola kunci privat harus dipilih dengan hati-hati. Salinan dompet (terenkripsi) harus disimpan di tempat terpercaya, lebih bagus tempat off-line. Bahkan beberapa orang menulis kalimat mnemonik atau kunci privat mereka pada logam, karena itu kuat.

Dompet Cryptocurrency - Penyimpanan dompet dingin

Karakteristik dompet
Beberapa dompet mendukung beberapa mata uang crypto untuk disimpan di dalamnya (multicurrency).

·         Dompet perangkat lunak
Dompet perangkat lunak ini mempunyai beberapa bentuk seperti:
a)   Aplikasi yang dipasang secara lokal di komputer, telepon atau tablet.
b)  Saat menggunakan dompet web, kunci privat dikelola oleh pihak ketiga yang terpercaya. Beberapa penyedia dompet berbasis web menggunakan dua-faktor (seperti google authenticator) untuk keamanan ekstra. Dalam hal ini keylogger tidak cukup bagi peretas untuk mencuri kredensial dan mendapatkan akses ke dompet. 
c) Market cryptocurrency menghubungkan dompet pengguna ke dompet mereka yang dikelola secara terpusat. Sebagai contoh: ketika melakukan perdagangan bitcoin antara pengguna di pasar kraken, perdagangan hanya ditulis di dalam ledger pribadi(transaksi off-line). Hanya ketika pengguna ingin memasukkan cryptocurrencynya ke dalam market atau ketika dia ingin mengirimkan saldo cryptocurrencynya keluar dari market tersebut, transaksi ditulis ke dalam blockchain publik bitcoin (transaksi on-chain).
Untuk memulai atau memverifikasi transaksi dompet cryptocurrency terhubung ke klien (node) di jaringan untuk memproses permintaan. Ada beberapa jenis klien dengan fungsi yang berbeda-beda, antara lain klien penuh, klien khusus tajuk, klien ringan dan klien penambangan. Klien penuh memverifikasi transaksi langsung pada salinan lokal mereka dari blockchain. Klien ringan berkonsultasi dengan klien penuh.

·         Dompet perangkat keras
Dompet ini dianggap paling aman, karena kunci privat tidak pernah meninggalkan dompet fisik. Diciptakan, terjadi transaksi, hingga dihapus, semua proses terjadi di dalam dompet perangkat keras. Jika dompet perangkat keras ini menggunakan kalimat mnemonik untuk cadangan, maka pengguna tidak boleh secara elektronik menyimpan kalimat mnemonik tersebut, tetapi dituliskan dan disimpan di lokasi fisik yang terpisah. Menyimpan cadangan secara elektronik menurunkan tingkat keamanan dompet perangkat keras ini. Dompet perangkat keras memiliki modal yang mengharuskan pengguna untuk secara fisik menekan atau menyentuh dompet untuk menandatangani transaksi, alamat tujuan, dan jumlah koin. Kunci privat tetap aman di dalam dompet perangkat keras. Tanpa kunci privat, transaksi yang ditandatangani tidak dapat diubah dengan sukses. Beberapa dompet perangkat keras juga dilengkapi dengan pin untuk membuka dompet dan tempat transaksi sebelum dapat ditandatangani dan terverifikasi. Ketika membaca kalimat mnemonik dari tampilan fisik screencapture dari dompet perangkat keras, meskipun komputernya terinfeksi tetap tidak akan mampu untuk mengungkapkan kalimat mnemonik itu.

·         Dompet khusus melihat
Dengan dompet ini anda dapat melacak semua transaksi. Hanya butuh kunci publik saja. Dengan demikian kunci privat dapat disimpan dengan aman di lokasi lain.

·         Dompet multisignature(banyak koin)
Dengan dompet multi koin crypto ini, pengguna harus masuk akunnya (dengan kunci privat) untuk melakukan transaksi dan mengeluarkan aset dari dompetnya.

·         Dompet otak/pikiran
Dengan dompet otak, seseorang mengingat informasi untuk meregenerasi kunci publik dan kunci privatnya, seperti mengingat kalimat mnemonik.

·         Dompet  panas(hot wallet) vs dompet dingin(cold wallet)
Istilah yang juga digunakan dalam dompet cryptocurrency, dimana dompet panas merupakan dompet yang terhubung ke internet, sedangkan dompet dingin tidak. Dengan dompet panas aset cryptocurrency kita bisa ditransaksikan saat itu juga. Dompet dingin harus "terhubung" dahulu ke internet untuk melakukan transaksi. Namun kerentanan lebih besar terjadi kepada dompet panas karena terhubung ke internet, sedang dompet dingin lebih aman. Dompet perangkat keras termasuk ke dalam dompet dingin.

·         Penyimpanan dingin yang dalam
Deep cold storage adalah proses penyimpanan cryptocurrency ke dalam dompet dingin yang tidak pernah terhubung ke internet atau jaringan apa pun. Selain itu kunci privat yang terkait dengan sistem ini dibuat secara offline. Ada berita yang menjadi berita utama, ketika regal ra dmcc(perusahaan cryptocurrency berlisensi pertama di timur tengah) melakukan penyimpanan di dompet dingin di lemari besi menara almas yang berada di bawah permukaan laut, bersama dengan perusahaan emas batangan dan mengasuransikan cryptocurrencynya dengan nilai penuh.

·         Kunci turunan
Dompet deterministik
Dengan dompet deterministik, kunci tunggal dapat digunakan untuk menghasilkan akar(root) dari pohon kunci. Kunci tunggal ini berfungsi sebagai root dari pohon. Penciptaan kalimat mnemonik atau benih kata adalah cara untuk mempermudah dipahami manusia dari hasil ekspresi kunci yang diciptakan oleh root, karena kalimat mnemonic dapat diubah secara algoritma menjadi akar kunci privat. Kunci root yang ada bukan berfungsi sebagai pengganti kunci privat melainkan digunakan untuk menciptakan kembali kunci privat.
Dompet non-deterministik
Dalam dompet non-deterministik, setiap kunci dibuat secara acak atas kemauannya sendiri, dan mereka tidak diunggulkan dari kunci-kunci sebelumnya. Oleh karena itu, setiap cadangan dompet harus menyimpan setiap satu kunci privat yang digunakan untuk satu alamat, sehingga ada 100 atau lebih kunci masa depan yang mungkin telah diberikan kepada alamat namun belum mendapatkan pembayaran.

Itu merupakan penjelasan mengenai dompet cryptocurrency yang telah jendelacrypto jabarkan. Semoga bermanfaat buat semua. Terima kasih


Sumber:
Wikipedia. Cryptocurrency wallet. https://bit.ly/2s6aZvL
Sumber gambar:
Ripplecoinnews. online-wallet-cryptocurrency. https://bit.ly/2CGONxy
Coinbeat. Cold-Storage-Wallet. https://bit.ly/2G30hyP

Post a Comment

 
Top