0 Dilihat 0 kali

Anda sudah mengenal dunia cryptocurrency? Sudah tahu kecanggihan teknologinya? Kita tahu cryptocurrency dengan teknologi blockchain, dimana tingkat keamanannya sudah super canggih. Belum ada komputer yang bisa membobol enkripsi password dari teknologi blockchain ini untuk saat ini. Namun tidak ada yang tidak mungkin, buktinya banyak sekali orang-orang yang masih mengalami kehilangan saldo cryptocurrencynya. Kenapa hal tersebut terjadi? Padahal untuk membobolnya saja hampir tidak mungkin. Beberapa penyebab dari hilangnya saldo cryptocurrency adalah keteledoran dari orang itu sendiri. Keteledoran yang jendelacrypto.com maksud antara lain:
  • Menggunakan komputer bersama (warnet) untuk membuka akun dompet cryptocurrency.
        Hal tersebut tidaklah dilarang, namun kecerobohan terkadang muncul saat kita selesai menggunakan komputer tersebut. Lupa membersihkan chace atau lupa logout dari web aplikasi cryptocurrency kita. Disamping hal tersebut komputer bersama juga sangat rawan digunakan karena kita tidak tahu apakah komputer tersebut terkena virus atau telah dipasang keylogger sama orang sebelumnya. Lebih bagus menghindarinya daripada hal yang tidak kita inginkan terjadi yaitu kehilangan aset berharga kita. Namun jika memang harus terpaksa memakai komputer bersama anda harus pintar-pintar mengecek kondisi komputer (kebersihan dari Virus) sehingga kita bisa dengan aman menggunakannya.
  • Tidak sengaja membuka link phishing
        Hati-hati dalam membuka suatu link jika kita ingin membuka suatu web. Cek dengan teliti tulisannya sudah benar atau belum, jangan sampai anda terburu-buru mengetik di halaman pencarian dan langsung klik link phishing tersebut. Tampilannya bakal persis sama seperti tampilan web yang akan kita tuju. Namun ketika kita memasukkan akun dan password, semua data kita akan masuk ke database orang pembuat link phishing tersebut, sehingga orang tersebut juga bisa masuk ke akun kita dan mencuri aset cryptocurrency kita.
  • Tidak memasang Antivirus dan Firewall
        Kelihatannya sepele namun hal ini sangat membantu dalam menjaga aset kita dari niat tidak baik orang lain. Dengan memasang Firewall dan Antivirus pada komputer kita, minimal kita bisa tahu dan mendeteksi lebih awal jika ada aplikasi baru yang masuk dan mencoba terinstal di komputer kita. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui database Antivirus anda, dikarenakan virus juga selalu mengalami pengembangan dari pembuatnya.
  • Tidak memasang pengaman ekstra 
          Pengaman ekstra yang jendelacrypto.com maksud disini adalah suatu aplikasi tambahan untuk pengaman akun dompet cryptocurrency kita. Salah satunya mengaktifkan 2FA (2 Factor Autenticathor) yang berguna sebagai pengaman ganda ketika akan masuk ke dalam akun dompet kita. Mengaktifkan verifikasi melalui nomor telepon dan email juga dibutuhkan jika anda tidak ingin pencuri dengan mudah untuk mengambil aset cryptocurrency anda.

Itu merupakan beberapa keteledoran yang kadang kita lakukan yang membuat kita kehilangan aset berharga kita. Jika kita memang mempunyai aset yang lumayan banyak dan sudah mumpuni untuk membeli software-software (windows) original, alangkah lebih baik jika anda membelinya. Tingkat keamanan software original jauh lebih baik dari software bajakan yang biasa kita gunakan.

Terima kasih telah membaca tulisan singkat dari kami ini tentang penyebab hilangnya aset cryptocurrency. Jika ingin mengetahui lebih jauh apa itu phishing anda bisa masuk ke halaman apa itu phishing, penjelasan lebih jauh tentang phishing dan cara mengatasinya ada disana. Selamat membaca...

Post a Comment

 
Top