0 Dilihat 0 kali
Trend Pasar Trading

Trend Pasar Trading - Uptrend Downtrend
Jika anda ingin melakukan suatu trading salah satu hal yang paling perlu anda ketahuin adalah trend pasar. Jangan pernah melawan apa yang disebut dengan trend pasar ini jika anda tidak ingin salah langkah dalam mengambil keputusan.

Sebelumnya kita harus tahu apa arti dari trend pasar itu sendiri. Trend pasar adalah jangka waktu lama ketika harga di pasar modal/pasar keuangan, naik atau jatuh lebih cepat dari rata-rata historis mereka, atau sering juga disebut bull market (market naik) dan bear market (market turun). Ada empat faktor utama yang menyebabkan perubahan trend jangka panjang dan fluktuasi jangka pendek. Empat faktor tersebut adalah pemerintah, transaksi internasional, spekulasi dan ekspektasi, dan pasokan dan permintaan.

Kekuatan Pasar Utama

Mempelajari bagaimana faktor utama tersebut membentuk trend selama jangka panjang dapat memberikan wawasan mengapa suatu  trend tertentu berkembang, mengapa  dan bagaimana sebuah trend jangka panjang bisa terjadi. Berikut adalah empat faktor utama yang menetukan:

1. Pemerintah

Pemerintah memegang kekuasaan atas pasar bebas. Kebijakan fiskal dan kebijakan moneter memiliki efek mendalam terhadap pasar keuangan. Dengan peningkatan dan penurunan suku bunga, pemerintah dan Federal Reserve dapat memperlambat atau berusaha mempercepat pertumbuhan dalam negeri. Hal ini disebut dengan kebijakan moneter.

Jika pengeluaran pemerintah meningkat, disebut sebagai kebijakan fiskal, dan dapat digunakan untuk membantu mengurangi pengangguran dan/atau menstabilkan harga. Dengan mengubah suku bunga dan jumlah dolar yang tersedia di pasar terbuka, pemerintah dapat mengubah arus investasi ke dalam dan luar negeri.

2. Transaksi Internasional

Aliran dana antar negara berdampak pada kekuatan ekonomi suatu negara dan mata uangnya. Semakin banyak uang yang keluar dari negaranya, semakin lemah ekonomi Negara tersebut dan juga mata uangnya. Ekspor yang mendominasi Negara-negara, baik barang fisik ataupun jasa, akan memberikan pendapatan bagi negara mereka. Uang ini kemudian dapat diinvestasikan kembali dan dapat merangsang pasar keuangan negara tersebut.

3. Spekulasi dan Ekspektasi

Spekulasi dan ekspektasi adalah bagian integral dari system keuangan. Dimana konsumen, investor dan politisi yakin keadaan saat ini akan berdampak pada keadaan ekonomi masa depan. Ekspektasi tindakan di masa depan tergantung pada tindakan saat ini dan membentuk tren saat ini dan tren masa depan. Hal tersebut merupakan indikator sentimen yang umum digunakan untuk mengukur bagaimana kelompok-kelompok tertentu melihat keadaan perekonomian saat ini. Analisis indikator ini serta analisis lain dari analisis fundamental dan analisis teknikal dapat menciptakan ke-bias-an atau ekspektasi dari harga di masa depan dan arah tren.

4. Penawaran dan Permintaan

Penawaran dan permintaan untuk barang, mata uang dan investasi lainnya menciptakan dinamika tarik-ulur harga. Harga dan suku bunga berubah seiring dengan perubahan penawaran atau permintaan. Jika permintaan dan penawaran mulai menyusut, maka harga akan naik. Jika penawaran meningkat melampaui permintaan saat ini, maka harga akan turun. Jika penawaran relative stabil, harga bisa berfluktuasi lebih tinggi dan lebih rendah dengan meningkatnya atau menurunnya permintaan.

Dampak dari Trend Jangka Panjang dan Pendek

Dengan factor tersebut yang menyebabkan fluktuasi jangka pendek dan jangka panjang di pasar, penting untuk memahami bagaimana semua elemen tersebut menciptakan sebuah tren. Sementara faktor-faktor utama tersebut termasuk dalam kategori yang berbeda namun terkait erat satu sama lain. Pemerintah memandatkan dampak transaksi internasional, yang berperan menciptakan spekulasi, dan penawaran dan permintaan berperan dalam masing-masing faktor lainnya.

Berita pemerintah, seperti perubahan yang diusulkan untuk pengeluaran atau kebijakan pajak, serta keputusan Federal Reserve untuk mengubah atau mempertahankan suku bunga dapat memiliki efek dramatis pada tren jangka panjang. Suku bunga yang lebih rendah dan pajak mendorong pengeluaran dan pertumbuhan ekonomi. Ini memiliki kecenderungan untuk membuat harga pasar lebih tinggi, tetapi pasar tidak selalu merespon karena faktor lain juga berperan. Suku bunga yang lebih tinggi dan pajak, misalnya, menekan pengeluaran dan menghasilkan kontraksi atau penurunan harga pasar jangka panjang.

Dalam jangka pendek, adanya berita dapat menyebabkan perubahan harga yang besar karena pedagang dan investor melakukan transaksi jual beli dengan bergantung pada informasi tersebut. Dampak yang meningkat dari berita tersebut dapat menciptakan trend jangka pendek, sementara trend jangka panjang berkembang sebagaimana investor memahami dan menyerap apa dampak dari informasi tersebut bagi pasar.

Tips cepat menentukan trend pasar trading
Beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk untuk mengetahui trend pasar sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan darinya. Dalam berinvestasi trend yang tengah berjalan di pasar wajib kita ketahui, kenapa, karena jika kita melakukan investasi di waktu yang kurang tepat (berinvestasi di saat market turun) maka yang kita dapatkan hanya kerugian atau menurunnya nilai aset yang kita punya. Itulah perlunya kita tahu terlebih dahulu tren yang sedang berjalan sekarang tren apa, namun terkadang untuk memonitor trend yang sedang naik atau turun bukanlah perkara yang mudah. Berikut beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menentukan secara cepat trend yang sedang berjalan di pasar.

1. Mendengarkan komunitas
Trend Pasar Trading - Mendengarkan komunitas

 Komunitas merupakan salah satu kelompok yang sedikit banyak memberikan informasi secara cepat. Dengan masuk di dalamnya kita bisa mengetahui informasi terbaru apa yang sedang dibicarakan. Sehingga bisa dengan cepat kita mengetahui arah pergerakan suatu trend pasar. Namun yang jadi pertanyaan apakah cukup dengan perbincangan di dalam komunitas. Disitu kita harus pintar-pintar mengambil kesimpulan. Terkadang jika di dalam komunitas tersebut yang sedang dibahas adalah tentang kemunduran/keluhan dari suatu projek maka kita juga bisa ambil kesimpulan hasil dari pembicaraan komunitas tersebut sebagai anti-trend(berlawanan dengan trend yang berjalan di pasar). Minimal dengan kesimpulan dan analisa yang didapat dari komunitas tersebut bisa mengurangi tingkat kesalahan mengikuti suatu trend pasar.

2. Pemakaian Media internet
Trend Pasar Trading -Pemakaian media internet

Penggunaan internet di jaman modern seperti sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Dengan memanfaatkan internet yang ada merupakan tambang info yang sangat bernilai. Namun yang perlu diperhatikan juga dalam mencari info di internet kita harus pandai-pandai memilah mana informasi yang betul-betul memiliki dasar menilai sebuah trend serta mana yang cuma menjadi info trend palsu. Sebagai contoh ketika kita mendapatkan suatu artikel tentang "Arah trend pasar di 2018", kita tidak bisa serta merta menjadikan artikel tersebut sebagai rujukan utama dalam menentukan suatu trend pasar. Langkah berikutnya tetap mencari informasi tambahan untuk menguatkan penjelasan yang sudah kita baca itu. Media sosial menjadi fasilitas yang pas untuk memperolehnya. Melalui komentar atau pembicaraan masing-masing orang, kita dapat mengutip serta menguatkan trend mana yang betul-betul bakal berjalan nantinya.

Trend umumnya dipengaruhi oleh empat faktor utama: pemerintah, transaksi internasional, spekulasi / harapan, dan pasokan dan permintaan. Namun beberapa tips di atas bisa kita buat untuk menentukan secara cepat arah dari trend yang sedang berjalan sekarang. Sehingga kita tidak terjebak dalam trend yang salah jika ingin melakukan investasi.

Sekian penjelasan singkat yang dapat jendelacrypto.com jabarkan mengenai trend pasar dan tips menentukannya secara cepat. Semoga dapat memberikan informasi baru yang berguna bagi teman-teman sekalian.

Sumber referensi:
informasiforex. 2011. 4-faktor-yang-menentukan-tren-pasar. https://bit.ly/2SP3Qvz
umkmjogja. 2018. mengetahui-trend-pasar-untuk-pemasaran. https://bit.ly/2Ezq1TA
wikipedia. 2017. Tren_(disambiguasi). https://bit.ly/2A19svO

Sumber gambar:
quastic. downtrend-a-uptrend. https://bit.ly/2Gfr7FS
bisnisukm. online_comunity. https://bit.ly/2Blxi5x
patimes. itoko-dec-2. https://bit.ly/2QXCgiz

Post a Comment

 
Top